Perbaiki Flash Disk Yang Tidak Bisa Di format Dengan Mudah

Memperbaiki flash disk yang tidak dapat diformat bisa terasa membosankan. Namun Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Masalah ini sering kali disebabkan oleh beberapa masalah pada flash drive. 

Flashdisk tidak bisa diformat pada saat kalian ingin menghapus seluruh isi flashdisk. Ada beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak bisa diformat, yaitu masalah software atau hardware. 

Masalah perangkat lunak dengan Flash dapat disebabkan oleh virus. Selain itu, sistem file yang rusak juga dapat menyebabkan flash drive menjadi tidak dapat diformat. 

Pada saat yang sama, ada masalah perangkat keras seperti kemasukan air, jatuh dan terlalu lama menggunakan flash drive. Memperbaiki flash drive yang tidak diformat 

Berikut adalah beberapa tutorial tentang cara memperbaiki flash drive Windows 10 yang tidak diformat. Dikutip dari halaman AOMEI

 1. Pembersihan virus 

Salah satu alasan mengapa flash drive RAW tidak dapat diformat adalah virus. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan virus. Anda dapat memindai dengan program antivirus yang terpasang di laptop atau komputer Anda.

1. Klik kanan pada flashdisk yang tidak bisa diformat tersebut. 

2. Pilih 'Scan' atau 'Pindai' 

3. Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai, lalu hapus virus jika anti-virus mendeteksi adanya virus di dalam flashdisk. 

4. Sekarang, coba format flashdisk. Jika masih belum bisa, ikuti metode selanjutnya. 

2. Memperbaiki Bad Sector

Alasan lain kenapa flashdisk tidak bisa dihapus dan diformat adalah bad sector. Stik memori flash dan perangkat penyimpanan serupa terdiri dari banyak unit penyimpanan data kecil yang disebut sektor. 

Jika suatu sektor rusak, menyebabkan Flash tidak dapat dibaca dan proses inisialisasi terganggu, itu disebut sektor buruk. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector pada flash drive.

  1. Tekan tombol 'Win + R' di keyboard atau buka 'Run' lewat 'Start'.
  2. Selanjutnya, ketik cmd dan tekan tombol 'Enter'. 
  3. Setelah jendela 'Command Prompt' terbuka, masukkan perintah chkdsk g: /f /r /x. Kemudian, tekan 'Enter' (ganti g dengan huruf flashdisk kamu).
  4. Tunggu hingga proses selesai. Lalu, coba format ulang flashdisk kamu.

3. NonaktifkanWrite Protection Secara Fisik

Banyak hal yang menyebabkan flashdisk tidak bisa diformat dan membutuhkan solusi yang berbeda-beda. Flashdisk yang di-setting write protection  atau dalam mode hanya baca tidak dapat diformat. 

Beberapa merk flashdisk juga memiliki tombol pengunci fisik di sampingnya. Berikut cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa di format karena white protected
  1. :Coba perhatikan flashdisk kamu apakah ada tombol kecil yang bisa digeser atau tidak.
  2. Jika ada, geser tombol tersebut ke posisi buka kunci. 
  3. Kemudian, coba hubungkan kembali ke komputer dan format ulang flashdisk.

4. Menonaktifkan Read Only

Fungsi read-only dapat dinonaktifkan oleh komputer. Anda hanya perlu menghubungkan flash drive ke komputer terlebih dahulu dan memastikannya dapat dideteksi. 
  1. Klik 'Win + R' di keyboard untuk membuka jendela perintah 'Run'. Kamu juga bisa membuka lewat menu 'Start'.
  2. Setelah muncul jendela perintah Run, ketik diskpart dan tekan 'OK'.
  3. Selanjutnya, Command Prompt Diskpart akan terbuka. Kemudian, ketik perintah list disk dan tekan 'Enter'. Semua daftar disk nantinya akan muncul.
  4. Ketik select disk n (ganti huruf n dengan huruf flashdisk), kemudian tekan 'Enter'.
  5. Selanjutnya, ketik attributes disk clear readonly dan tekan 'Enter'. Setelah itu, setelan flashdisk kamu akan berubah dan menjadi read only lagi.
  6. Cobalah untuk format ulang flashdisk lagi.

5. Memperbaiki Kesalahan Jika Ada Tulisan "can't format flash drive"

Jika Anda ingin memformat flash drive dan muncul kalimat "tidak dapat memformat flash drive", Anda dapat memperbaikinya dengan CMD. Berikut cara bekerja dengan flash drive yang tidak dapat diformat sama sekali:
  1. Buka menu 'Start', kemudian cari 'Command Prompt'.
  2. Klik kanan 'Command Prompt' dan pilih 'run as administrator'.
  3. Selanjutnya, masukkan beberapa perintah seperti di bawah ini. Setelah mengetikkan satu perintah, maka langsung tekan 'Enter' dan masukkan perintah selanjutnya.
diskpart

list disk

select disk n

Catatan: ganti huruf n dengan angka yang menunjukkan flashdisk kamu.
clean

create partition primary

format fs=fat32 quick

Catatan: jika kamu ingin memformat dalam tipe NTFS, ubah perintah menjadi format fs=ntfs quick.


Jika semua cara sudah dicoba dan flashdisk tetap tidak bisa diformat, maka kesalahan yang terjadi ada pada hardware-nya. Artinya, sudah saatnya kamu mengganti flashdisk dengan yang baru. 

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas dengan mudah dan cepat.


Belum ada Komentar untuk "Perbaiki Flash Disk Yang Tidak Bisa Di format Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel